PENILAIAN

Jawaban

Nilai

%

Keterangan

A.

PROSES (60)

 

60

100,00%

 

 

I.

MANAJEMEN PERUBAHAN

 

8

100,00%

 

 

 

1

Tim Kerja (1)

 

1

100,00%

 

     

a.

Apakah unit kerja telah membentuk tim untuk melakukan pembangunan Zona Integritas ?

YA

1

 

Telah dibentuk tim untuk melakukan pembangunan Zona Integritas

     

b.

Apakah penentuan anggota Tim selain pimpinan dipilih melalui prosedur/mekanisme yang jelas ?

A

1

 

Penentuan anggota Tim selain pimpinan dipilih melalui prosedur/mekanisme yang jelas

 

 

2

Rencana Pembangunan Zona Integritas (2)

 

2

100,00%

 

     

a.

Apakah ada dokumen rencana kerja pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM ?

YA

1

 

Sudah memiliki dokumen rencana kerja pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM

     

b.

Apakah dalam dokumen pembangunan terdapat target-target prioritas yang relevan dengan tujuan pembangunan WBK/WBBM?

A

1

 

Dalam dokumen pembangunan terdapat target-target prioritas yang relevan dengan tujuan pembangunan WBK/WBBM

     

c.

Apakah terdapat mekanisme atau media untuk mensosialisasikan pembangunan WBK/WBBM ?

A

1

 

terdapat mekanisme atau media untuk mensosialisasikan pembangunan WBK/WBBM

 

 

3

Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan WBK/WBBM (2)

 

2

100,00%

 

     

a.

Apakah seluruh kegiatan pembangunan sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana ?

A

1

 

Seluruh kegiatan pembangunan sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana

     

b.

Terdapat monitoring dan evaluasi terhadap pembangunan Zona Integritas

A

1

 

Sudah terdapat monitoring dan evaluasi terhadap pembangunan Zona Integritas

     

c.

Apakah hasil Monitoring dan Evaluasi telah ditindaklanjuti ?

A

1

 

Hasil Monitoring dan Evaluasi telah ditindaklanjuti

 

 

4

Perubahan Pola Pikir dan Budaya Kerja (3)

 

3

100,00%

 

     

a.

Apakah pimpinan berperan sebagai role model dalam pelaksanaan Pembangunan WBK/WBBM ?

YA

1

 

Pimpinan berperan sebagai role model dalam pelaksanaan Pembangunan WBK/WBBM

     

b.

Apakah sudah ditetapkan agen perubahan ?

A

1

 

Sudah ditetapkan agen perubahan

     

c.

Apakah telah dibangun budaya kerja dan pola pikir di lingkungan organisasi?

A

1

 

Telah dibangun budaya kerja dan pola pikir di lingkungan organisasi

     

d.

Apakah anggota organisasi terlibat dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM?

A

1

 

Anggota organisasi terlibat dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM

 

II.

PENATAAN TATALAKSANA

 

7

100,00%

 

 

1

Prosedur Operasional Tetap (SOP) Kegiatan Utama (2)

 

2

100,00%

 

   

a.

Apakah SOP mengacu pada peta proses bisnis instansi

A

1

 

SOP unit telah mengacu peta proses bisnis dan juga melakukan inovasi yang selaras

   

b.

Prosedur operasional tetap (SOP) telah diterapkan

A

1

 

Unit telah menerapkan seluruh SOP yang ditetapkan organisasi dan juga melakukan inovasi pada SOP yang diterapkan

   

c.

Prosedur operasional tetap (SOP) telah dievaluasi

A

1

 

SOP utama telah dievaluasi dan telah ditindaklanjuti berupa perbaikan SOP atau usulan perbaikan SOP

 

2

E-Office (4)

 

4

100,00%

 

   

a.

Apakah sistem pengukuran kinerja unit sudah menggunakan teknologi informasi?

A

1

 

Sistem pengukuran kinerja unit sudah menggunakan teknologi informasi

   

b.

Apakah operasionalisasi manajemen SDM sudah menggunakan teknologi informasi?

A

1

 

Operasionalisasi manajemen SDM sudah menggunakan teknologi informasi

   

c.

Apakah pemberian pelayanan kepada publik sudah menggunakan teknologi informasi?

A

1

 

Pemberian pelayanan kepada publik sudah menggunakan teknologi informasi

   

d.

Apakah telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan pemberian layanan kepada publik?

A

1

 

Telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan pemberian layanan kepada publik

 

3

Keterbukaan Informasi Publik (1)

 

1

100,00%

 

   

a.

a. Kebijakan tentang keterbukaan informasi publik telah diterapkan

A

1

 

Kebijakan tentang keterbukaan informasi publik sudah diterapkan

   

b.

b. Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik

A

1

 

Telah dilakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik

III.

PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM

 

10

100,00%

 

 

1

Perencanaan Kebutuhan Pegawai Sesuai Dengan Kebutuhan Organisasi (0,5)

 

0,5

100,00%

 

   

a.

a. Apakah kebutuhan pegawai yang disusun oleh unit kerja mengacu kepada peta jabatan dan hasil analisis beban kerja untuk masing-masing jabatan?

YA

1

 

Kebutuhan pegawai yang disusun oleh unit kerja mengacu kepada peta jabatan dan hasil analisis beban kerja untuk masing-masing jabatan

   

b.

b. Apakah penempatan pegawai hasil rekrutmen murni mengacu kepada kebutuhan pegawai yang telah disusun per jabatan?

A

1

 

Penempatan pegawai hasil rekrutmen murni mengacu kepada kebutuhan pegawai yang telah disusun per jabatan

   

c.

c. Apakah telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap penempatan pegawai rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan jabatan dalam organisasi telah memberikan perbaikan terhadap kinerja unit kerja?

YA

1

 

Telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap penempatan pegawai rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan jabatan dalam organisasi telah memberikan perbaikan terhadap kinerja unit kerja

 

2

Pola Mutasi Internal (1)

 

1

100,00%

 

   

a.

a. Dalam melakukan pengembangan karier pegawai, apakah telah dilakukan mutasi pegawai antar jabatan?

YA

1

 

Telah dilakukan mutasi pegawai antar jabatan untuk pengembangan karier pegawai

   

b.

b. Apakah dalam melakukan mutasi pegawai antar jabatan telah memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi yang telah ditetapkan?

A

1

 

Dalam melakukan mutasi pegawai antar jabatan telah memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi yang telah ditetapkan

   

c.

c. Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi yang telah dilakukan dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja?

YA

1

 

Telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi yang telah dilakukan dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja

 

3

Pengembangan Pegawai Berbasis Kompetensi (2,5)

 

2,5

100,00%

 

   

a.

a. Apakah Unit Kerja melakukan Training Need Analysis Untuk pengembangan kompetensi ?

YA

1

 

Unit Kerja telah melakukan Training Need Analysis Untuk pengembangan kompetensi

   

b.

b. Dalam menyusun rencana pengembangan kompetensi pegawai, apakah mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai?

A

1

 

Dalam menyusun rencana pengembangan kompetensi pegawai, telah mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai

   

c.

c. Persentase kesenjangan kompetensi pegawai yang ada dengan standar kompetensi yang ditetapkan untuk masing-masing jabatan

A

1

 

Persentase kesenjangan kompetensi pegawai yang ada dengan standar kompetensi yang ditetapkan untuk masing-masing jabatan

   

d.

d. Pegawai di Unit Kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya.

A

1

 

Pegawai di Unit Kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya

   

e.

e. Dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi, apakah unit kerja melakukan upaya pengembangan kompetensi kepada pegawai (dapat melalui pengikutsertaan pada lembaga pelatihan, in-house training, atau melalui coaching, atau mentoring, dll) ?

A

1

 

Dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi, unit kerja telah melakukan upaya pengembangan kompetensi kepada pegawai (dapat melalui pengikutsertaan pada lembaga pelatihan, in-house training, atau melalui coaching, atau mentoring, dll

   

f.

f. Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja?

A

1

 

Telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja

 

4

Penetapan Kinerja Individu (4)

 

4

100,00%

 

   

a.

a. Terdapat penetapan kinerja individu yang terkait dengan kinerja organisasi

A

1

 

Terdapat penetapan kinerja individu yang terkait dengan kinerja organisasi

   

b.

b. Ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnya

A

1

 

Ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnya

   

c.

c. Pengukuran kinerja individu dilakukan secara periodik

A

1

 

Pengukuran kinerja individu dilakukan secara periodik

   

d.

d. Hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar untuk pemberian reward (pengembangan karir individu, penghargaan dll).

YA

1

 

Hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar untuk pemberian reward (pengembangan karir individu, penghargaan dll).

 

5

Penegakan Aturan Disiplin/Kode Etik/Kode Perilaku Pegawai (1,5)

 

1,5

100,00%

 

   

a.

a. Aturan disiplin/kode etik/kode perilaku telah dilaksanakan/diimplementasikan

A

1

 

Aturan disiplin/kode etik/kode perilaku telah dilaksanakan/diimplementasikan

 

6

Sistem Informasi Kepegawaian (0,5)

 

0,5

100,00%

 

   

a.

a. Data informasi kepegawaian unit kerja telah dimutakhirkan secara berkala.

A

1

 

Data informasi kepegawaian unit kerja telah dimutakhirkan secara berkala.

 

 

IV.

PENGUATAN AKUNTABILITAS

 

10

100,00%

 

 

 

 

1

Keterlibatan Pimpinan (5)

 

5

100,00%

 

 

     

a.

a. Apakah pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Perencanaan

A

1

 

Pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Perencanaan

 

     

b.

b. Apakah pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Penetapan Kinerja

A

1

 

Pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Penetapan Kinerja

 

     

c.

c. Apakah pimpinan memantau pencapaian kinerja secara berkala

A

1

 

Pimpinan memantau pencapaian kinerja secara berkala

 

 

 

2

Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja (5)

 

5

100,00%

 

 

     

a.

a. Apakah dokumen perencanaan sudah ada

YA

1

 

Satker sudah memiliki dokumen perencanaan (Rencana Strategis, Rencana Kerja Tahunan dan Penetapan Kinerja)

 

     

b.

b. Apakah dokumen perencanaan telah berorientasi hasil

YA

1

 

Dokumen perencanaan telah berorientasi hasil

 

     

c.

c. Apakah terdapat Indikator Kinerja Utama (IKU)

YA

1

 

Satker sudah memiliki Indikator Kinerja Utama (IKU)

 

     

d.

d. Apakah indikator kinerja telah SMART (Specifik, Measureable, Achievable, Relevant and Time)

A

1

 

Indikator kinerja telah SMART (Specifik, Measureable, Achievable, Relevant and Time)

 

     

e.

e. Apakah laporan kinerja telah disusun tepat waktu

YA

1

 

Laporan kinerja telah disusun dan dikirim tepat waktu

 

     

f.

f. Apakah pelaporan kinerja telah memberikan informasi tentang kinerja

A

1

 

Dalam pelaporan kinerja telah memberikan informasi tentang kinerja pegawai Pengadilan Negeri Muara Teweh

 

     

g.

g. Apakah terdapat upaya peningkatan kapasitas SDM yang menangani akuntabilitas kinerja

YA

1

 

Satker sudah melakukan upaya untuk peningkatan kapasitas SDM yang menangani akuntabilitas kinerja dengan mengikuti pelatihan dan bimtek

 

     

h.

h. Pengelolaan akuntabilitas kinerja dilaksanakan oleh SDM yang kompeten

A

1

 

Pengelolaan akuntabilitas kinerja sudah dilaksanakan oleh SDM yang kompeten

 

 

V.

PENGUATAN PENGAWASAN

 

15

100,00%

 

 

 

 

1

Pengendalian Gratifikasi (3)

 

3

100,00%

 

 

     

a.

a. Telah dilakukan public campaign tentang pengendalian gratifikasi

A

1

 

Sudah dilakukan public campaign tentang pengendalian gratifikasi

 

     

b.

b. Pengendalian gratifikasi telah diimplementasikan

A

1

 

Pengendalian gratifikasi telah diimplementasikan

 

 

 

2

Penerapan SPIP (3)

 

3

100,00%

 

 

     

a.

a. Telah dibangun lingkungan pengendalian

A

1

 

Telah dibangun lingkungan pengendalian

 

     

b.

b. Telah dilakukan penilaian risiko atas pelaksanaan kebijakan

A

1

 

Telah dilakukan penilaian risiko atas pelaksanaan kebijakan

 

     

c.

c. Telah dilakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir risiko yang telah diidentifikasi

A

1

 

Telah dilakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir risiko yang telah diidentifikasi

 

     

d.

d. SPI telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkait

A

1

 

SPI telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkait

 

 

 

3

Pengaduan Masyarakat (3)

 

3

100,00%

 

 

     

a.

a. Kebijakan Pengaduan masyarakat telah diimplementasikan

A

1

 

Kebijakan Pengaduan masyarakat telah diimplementasikan

 

     

b.

b. Penanganan Pengaduan Masyarakat

100

1

 

Hasil penanganan pengaduan masyarakat sudah ditindaklanjuti

 

     

c.

c. Telah dilakukan monitoring dan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat

A

1

 

Telah dilakukan monitoring dan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat

 

     

d.

d. Hasil evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti

A

1

 

Hasil evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti

 

 

 

4

Whistle-Blowing System (3)

 

3

100,00%

 

 

     

a.

a. Apakah Whistle Blowing System sudah di internalisasi ?

YA

1

 

Whistle Blowing System sudah di internalisasi

 

     

b.

b. Whistle Blowing Systemtelah diterapkan

A

1

 

Whistle Blowing System telah diterapkan

 

     

c.

c. Telah dilakukan evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System

A

1

 

Telah dilakukan evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System

 

     

d.

d. Hasil evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System telah ditindaklanjuti

A

1

 

Hasil evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System telah ditindaklanjuti

 

 

 

5

Penanganan Benturan Kepentingan (3)

 

3

100,00%

 

 

     

a.

a. Telah terdapat identifikasi/pemetaan benturan kepentingan dalam tugas fungsi utama

A

1

 

Telah terdapat identifikasi/pemetaan benturan kepentingan dalam tugas fungsi utama

 

     

b.

b. Penanganan Benturan Kepentingan telah disosialisasikan/internalisasi

A

1

 

Penanganan Benturan Kepentingan telah disosialisasikan/internalisasi

 

     

c.

c. Penanganan Benturan Kepentingan telah diimplementasikan

A

1

 

Penanganan Benturan Kepentingan telah diimplementasikan

 

     

d.

d. Telah dilakukan evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan

A

1

 

Telah dilakukan evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan

 

     

e.

e. Hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjuti

A

1

 

Hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjuti

 

 

 

6

Penyampaian Laporan Harta Kekayaan pegawai

 

0

%

 

 

     

a.

a. Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN)

B

   

13 orang pegawai sudah melakukan Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN)

 

     

b.

b. Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN)

B

   

11 orang pegawai sudah melakukan Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN)

 

 

VI.

PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK

 

10

100,00%

 

 

 

 

1

Standar Pelayanan (3)

 

3

100,00%

 

 

     

a.

a. Terdapat kebijakan standar pelayanan

A

1

 

Terdapat kebijakan standar pelayanan

 

     

b.

b. Standar pelayanan telah dimaklumatkan

A

1

 

Standar pelayanan telah dimaklumatkan

 

     

c.

c. Terdapat SOP bagi pelaksanaan standar pelayanan

A

1

 

Terdapat SOP bagi pelaksanaan standar pelayanan

 

     

d.

d. Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan dan SOP

A

1

 

Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan dan SOP

 

 

 

2

Budaya Pelayanan Prima (4)

 

4

100,00%

 

 

     

a.

a. Telah dilakukan sosialisasi/pelatihan dalam upaya penerapan Budaya Pelayanan Prima

A

1

 

Telah dilakukan sosialisasi/pelatihan dalam upaya penerapan Budaya Pelayanan Prima

 

     

b.

b. Informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media

A

1

 

Informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media

 

     

c.

c. Telah terdapat sistem punishment(sanksi)/reward bagi pelaksana layanan serta pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar

A

1

 

Telah terdapat sistem punishment(sanksi)/reward bagi pelaksana layanan serta pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar

 

     

d.

d. Telah terdapat sarana layanan terpadu/terintegrasi

A

1

 

Telah terdapat sarana layanan terpadu/terintegrasi

 

     

e.

e. Terdapat inovasi pelayanan

A

1

 

Terdapat inovasi pelayanan

 

 

 

3

Penilaian Kepuasan Terhadap Pelayanan (3)

 

3

100,00%

 

 

     

a.

a. Dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan

A

1

 

Dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan

 

     

b.

b. Hasil survey kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbuka

A

1

 

Hasil survey kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbuka

 

     

c.

c. Dilakukan tindak lanjut atas hasil survey kepuasan masyarakat

A

1

 

Dilakukan tindak lanjut atas hasil survey kepuasan masyarakat

 

TOTAL PENGUNGKIT

 

60

100,00%

 

 

B.

HASIL (40)

 

38,6

96,50%

 

 

 

1.

PEMERINTAH YANG BERSIH DAN BEBAS KKN (20)

 

19,85

99,25%

 

 

   

a.

Nilai Survey Persepsi Korupsi (Survei Eksternal) (15)

3,96

14,85

99,00%

Nilai Survey Persepsi Korupsi Semester II

 

   

b.

Persentase temuan hasil pemeriksaan (Internal dan eksternal) yang ditindaklanjuti (5)

100

5

100,00%

Laporan Tindak Lanjut Perbaikan Hasil Pengawasan 16 September 2020 dan Laporan Tindak Lanjut Hakim Pengawas Bidang Mei 2021

 

 

2.

KUALITAS PELAYANAN PUBLIK(20)

 

18,75

93,75%

 

 

   

a.

Nilai Persepsi Kualitas Pelayanan (Survei Eksternal) (20)

3,75

18,75

93,75%

Nilai Persepsi Kualitas Pelayanan pada Pengadilan Negeri Muara Teweh Kelas II

 

TOTAL HASIL

 

38,6

96,50%

 

 

Nilai Pembangunan ZI

 

98,6

98,60%