UPACARA HARI LAHIR PANCASILA

 

Pada hari Jumat 1 Juni 2019, Pukul 07.00 WIB bertempat di halaman gedung Pengadilan Negeri Muara Teweh, telah dilaksanakan Upacara Bendera memperingati Hari Lahir Pancasila.

Upacara dilaksanakan berdasarkan surat Edaran dari Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor. 663/SEK/KS.00/5/2019 tanggal 20 Mei 2019, tentang Upacara Bendera dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019. Upacara diikuti oleh Hakim – hakim, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional dan Seluruh Pengawai Pengadilan Negeri Muara Teweh.

Dalam Upacara Bendera memperingati Hari Lahir Pancasila bertindak sebagai Pembina Upacara, Bapak Cipto H.P. Nababan, SH.,MH. Sekaligus Membacakan Amanat  Bapak Hariyono Plt.Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, adapun isi amanat tersebut adalah Pancasila sebagai dasar negara, Ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para "pendiri bangsa" merupkaan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan YME buat bangsa Indonesia. Walaupun kita sebagia bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Proses internalisasi sekaligus pengalaman nilai-nilai Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Upacara dilaksanakan dengan tertib dan hikmat.