SOSIALISASI BAHAYA NARKOBA DAN PENCEGAHANNYA

 PADA PENGADILAN NEGERI MUARA TEWEH KELAS II

 

Rabu, 6 Desember 2017, Pada pukul 08.00 WIB bertempat di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Negeri Muara Teweh dilaksanakan Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Pencegahnnya, dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Hakim-hakim, Panitera, Plt Sekretaris, Pejabat Struktural, Fungsional dan Seluruh Pegawai Pengadilan Negeri Muara Teweh.

Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Pencegahnnya, yang di jelaskan oleh Bapak Amir Rizki Apriadi, SH.,MM. selaku Hakim Pengadilan Negeri Muara Teweh, yang mana pada kesempatan tersebut beliau menjelaskan mengenai bahayanya penggunaan  Narkoba.   

Narkoba bukanlah sesuatu yang asing lagi bagi kita, kita telah sering mendengar dan membaca berita tentang narkoba di media elektronik maupun media cetak. Di Indonesia, peredaran obat terlarang ini sudah menjadi salah satu permasalahan utama yang harus segera diatasi.

Narkoba adalah zat kimia yang dapat mengubah keadaan psikologi seperti perasaan, pikiran, suasana hati serta perilaku, jika masuk ke dalam tubuh manusia baik dengan cara dimakan, diminum, dihirup, suntik, intravena, dan lain sebagainya, sedangkan Pengertian Narkoba  menurut pakar kesehatan adalah psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioparasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu. Namun kini presepsi itu disalah gunakan akibat pemakaian yang telah diluar batas dosis.

Pada Kesempatan tersebut, Bapak Amir Rizki Apriadi, SH.,MM. juga menyebutkan beberapa jenis- jenis Narkoba seperti Morfin, Heroin / putaw, Ganja / Kanabis / mariyuana, Kokain, LSD / Lysergic Acid / Acid / Trips / Tabs, Opiat / opium, Kodein, Metadon, dan Barbiturat.

Beliau Juga menjelaskan mengenai, Akibat Penggunaan Narkoba bagi kesehatan, narkoba sesedikit apapun penggunaannya, sangat berbahaya bagi kesehatan. Karena penggunaan yang sedikit biasanya tidak akan bertahan lama. Secara umum, penyalahgunaan narkoba memberikan empat dampak bagi kesehatan, yaitu dampak depesan, dampak halusinogen, dampak stimula, dan dampak adiktif.

Sosialisasi bahaya narkoba tersebut pada dasarnya mengajak seluruh jajaran di Pengadilan Negeri Muara Teweh untuk menjauhi dan memerangi narkoba, Jangan sampai sebagai Aparatur Sipil Negara menggunakan bahkan mengedarkan Narkoba. Aparatur Sipil Negara harus dapat memberikan contoh yang baik kepada masyarakat untuk tidak menggunakan atau mengedarkan narkoba.