RAPAT BULANAN MEI 2018

PADA PENGADILAN NEGERI MUARA TEWEH KELAS II

 

Selasa, 15 Mei 2018, Pada pukul 08.30 WIB bertempat di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Negeri Muara Teweh dilaksanakan Rapat Bulanan, Rapat bulanan dibuka Langsung oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Muara Teweh Bapak Febrian Ali. S.H.,M.H. rapat tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua, Hakim-hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural, Fungsional, Calon Hakim dan Pegawai Pengadilan Negeri Muara Teweh.

Pada kesempatan tersebut Wakil Ketua Pengadilan Negeri Muara Teweh mengingatkan kembali kepada seluruh Hakim, Pejabat Fungsional, Pejabat Struktural, Panitera Pengganti, Jurusita / Jurusita Pengganti, Staf dan Honorer untuk bekerja dan bertindak sesuai tupoksi, SOP mengacu pada PERMA Nomor 7 Tahun 2016 tentang Penegakan Disiplin Kerja Hakim Pada Mahkamah Agung Dan Badan Peradilan Yang Berada Dibawahnya, PERMA Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pengawasan Dan Pembinaan Atasan Langsung Di Lingkungan Mahkamah Agung Dan Badan Peradilan Di Bawahnya, dan PERMA Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pedoman Penanganan Pengaduan (Whistleblowing System) Di Mahkamah Agung Dan Badan Peradilan Yang Berada Dibawahnya serta peraturan perundang-undangan yang berlaku dan selalu berhati-hati dalam melaksanakan tanggung jawabnya masing-masing.

Wakil Ketua Pengadilan Negeri Muara Teweh kemudian menyampaikan beberapa hal yang didapat dari Bimbingan Teknis yang dilaksanakan di Pengadilan Tinggi Kalimantan Tengah pada tanggal 7 Mei 2018 yaitu Sehubungan dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kewajiban Pelaksanaan Pembinaan Peningkatan Kapasitas Kemampuan Teknis Hukum oleh Setiap Pengadilan Tinggi. Dimana Pengadilan tinggi diwajibkan untuk melaksanakan pembinaan Tenaga Teknis pada Pengadilan tinggi dan Pengadilan Negeri dengan berpedoman pada Buku II Mahkamah Agung dan ketentuan Hukum lainnya, sehingga kualitas dan kuantitas penyelesaian perkara sebagaimana yang diharapkan Mahkamah Agung dapat tercapai. Pembinaan ini tidak hanya menyangkut pelayanan tapi juga meliputi pembinaan Teknis hukum antara lain  administrasi Perkara, pembuatan putusan, hukum acara, eksekusi.

Sehubungan dengan segera dilaksanakannya Surveillance Akreditasi tahap I dari Pengadilan Tinggi Kalimantan Tengah, maka Wakil Ketua Pengadilan Negeri Muara Teweh Kelas II memerintahkan agar mulai hari ini yakni tanggal 15 Mei 2018, agar seluruh Hakim, Pejabat Fungsional, Pejabat Struktural, Panitera Pengganti, Jurusita /Jurusita Pengganti, Staf dan Honorer untuk segera menyiapkan segala hal mengenai pelaksanaan Surveillance tersebut. Untuk itu pula diingatkan agar segera membenahi segala kekurangan yang ditemukan dan melaksanakan pekerjaan dengan sebaik-baiknya.

Kemudian rapat dilanjutkan dengan, Evaluasi Laporan dari masing-masing bidang mengenai kendala-kendala yang dihadapi dalam bekerja.