PEMBINAAN DAN PENGAWASAN

PADA PENGADILAN NEGERI MUARA TEWEH KELAS II

 

Pada Tanggal 26 November 2018 s/d 28 November 2018 Tim Pengawas dari Pengadilan Tinggi melakukan kunjungan Ke Pengadilan Negeri Muara Teweh. Berdasarkan Surat Ketua Pengadilan Tinggi Palangka Raya Nomor : 146/KPT/PS/SK/XI/2018 Tanggal 7 November 2018 Tentang Penunjukan Tim Pengawasan Daerah Se Wilayah Hukum Kalimantan Tengah dimulai sejak Tanggal 26 November 2018 – 28 November 2018.

Adapun tim pembinaan dan pengawasan yang bertugas di Pengadilan Negeri Muara Teweh Kelas sebagai berikut :

No.

Nama

Jabatan dalam kedinasan

Jabatan Dalam TIM

1.

H.Mohammad Idroes, S,H.,M.Hum.

Wakil Ketua

Ketua TIM

2.

Dulaimi, S,H.,M.H.

Hakim Tinggi

Anggota

3.

Mersia Sibarani, S.E.

Pengadministrasi Umum

Anggota

4.

Julianto, S.H.

Pengadministrasi Umum

Anggota

 

Pembinaan dan pengawasan yang dilakukan terkait dengan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi aparatur peradilan dalam implementasi Administrasi Manajemen Peradilan, Administrasi Kesekretariatan dan administrasi Kepaniteraan, yang merupakan satu kesatuan yang utuh dan saling mendukung satu dengan yang lainnya.

Setelah tiga hari melaksanakan pembinaan dan pengawasan di Pengadilan Negeri Muara Teweh, tepatnya pada hari Rabu tanggal 28 November pukul 08.30 WIB dilakukan rapat hasil pengawasan oleh TIM yang berlangsung di ruang Sidang Utama Pengadilan Muara Teweh. Acara Pembinaan dan Pengawasan tersebut dihadiri oleh segenap Aparatur Pengadilan Negeri Muara Teweh.

Acara Pembinaan dan Pengawasan tersebut dibuka langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Muara Teweh Bapak Cipto Hosari Parsaoran Nababan, SH., MH. dalam pembukaannya beliau menyampaikan rasa terima kasih atas pembinaan dan pegawasan yang telah terlaksana dengan baik, dan hal tersebut dapat dijadikan sebagai upaya perbaikan dalam peningkatan kinerja dan pelayanan publik. Usai pembukaan oleh Ketua Pengadilan Negeri Muara Teweh selanjutnya dilakukan Evaluasi hasil pengawasan secara garis besar oleh Ketua Tim Pengawas Bapak H.Mohammad Idroes, S,H.,M.Hum. dalam Pengawasan tersebut beliau menyampaikan bahwa secara garis besar, administrasi manajamen peradilan, administrasi manajemen kesekretariatan dan kepaniteraan sudah berjalan dengan baik sebagai mana mestinya sesuai dengan perturan dan tupoksinya, hanya saja ada beberapa yang memerlukan sedikit perbaikan, mengingat Pengadilan Negeri Muara Teweh telah meraih SAPM di tahun 2017. Jadi kalau bisa hal yang menjadi temuan agar  segera di tindak lanjuti agar tidak mengulang kembali mejadi temuan.

Acara Pembinaan dan Pengawasan  berakhir sekitar pukul 11.30 WIB dan ditutup oleh Ketua Pengadilan Negeri Muara Teweh dan ditandai dengan penyerahan hasil Pembinaan dan Pengawasan yang diserahkan langsung oleh Ketua Tim Pengawas kepada Ketua Pengadilan Negeri Muara Teweh Kelas II.